SEKILAS INFO
: - Rabu, 30-11-2022
  • 5 bulan yang lalu / Fakultas Dakwah Unggul Dan Berjiwa Pesantren
  • 6 bulan yang lalu / Pada tanggal 17-19 Mei 2022. FAKULTAS DAKWAH Melaksanakan REVIEW KURIKULUM KKNI DAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA TAHUN 2022
Workshop Penyusuan RPS Dan Buku Ajar Fakultas Dakwah

Workshop Penyusuan RPS Dan Buku Ajar Fakultas Dakwah

Workshop Penyusuan RPS Dan Buku Ajar Fakultas Dakwah

Workshop Penyusuan RPS Dan Buku Ajar Fakultas Dakwah

Tema: “Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran Sesuai dengan SN-Dikti Dan Mendukung Program MBKM Menuju Ngabar University”,
Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo menggelar
WORKSHOP PENYUSUNAN RPS DAN BUKU BAHAN AJAR, Merdeka Belajar Kampus Merdeka.
Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada hari Jum`at, 10 Juni 2022 mulai pukul 14.00 s/d 16.30 WIB dengan Platform Via Zoom Cloud Meeting.
Materi pada webinar ini disampaikan oleh Dr. Syaiful Hadi, M.Pd., Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dan Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani M.Hum
Spesialis Buku Ajar, Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.
Dekan Fakultas Dakwah IAIRM Ngabar, sekaligus inisioator kegiatan ini, Syahrudin, S.Sos.I, M.Pd.I, menyampaikan harapan bahwa setelah webinar ini diharapkan menghasilkan output berupa buku ajar yang lebih baik dan mampu menunjang kurikukum MBKM yang sedang digulirkan oleh kampus.

Workshop Penyusuan RPS Dan Buku Ajar Fakultas Dakwah

Workshop Penyusuan RPS Dan Buku Ajar Fakultas Dakwah

Acara di buka Oleh: Dr. ABDUL MUKTI BISRI, S.Ag, M.Ag.
(Kepala Seksi Mutu Akademik Subdirektorat Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama) dengan materi tentang Kebijakan MBKM:

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul melalui pencapaian lulusan perguruan tinggi yang menguasai keilmuan yang komprehensif dan memiliki khasanah keilmuan yang lebih luas. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Melalui skema Hak Belajar 3 Semester di Luar Program Studi, mahasiswa memiliki kesempatan untuk 1 (satu) semester atau setara dengan 20 (dua puluh) SKS menempuh pembelajaran di luar program studi pada Perguruan Tinggi yang sama; dan paling lama 2 (dua) semester atau setara dengan 40 (empat puluh) SKS menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di Perguruan Tinggi yang berbeda dan/atau pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi. Program ini bersifat sukarela untuk diikuti oleh mahasiswa program studi dan Institut Teknologi Indonesia wajib memfasilitasi kegiatan ini.

Workshop Penyusuan RPS Dan Buku Ajar Fakultas Dakwah

Workshop Penyusuan RPS Dan Buku Ajar Fakultas Dakwah

dilnjut Narasumber pertama: Dr. Syaiful Hadi, M.Pd.
Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Dengan materi tentang RPS:

RPS adalah perencanaan pembelajaran yang memberikan gambaran realistis dan logis mengenai pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan agar mahasiswa dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. RPS atau istilah lain adalah dokumen program pembelajaran yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sesuai CPL yang telah ditetapkan, sehingga harus dapat dijalankan oleh mahasiswa pada setiap tahapan belajar pada mata kuliah terkait.
RPS atau istilah lain dititik beratkan pada bagaimana memandu mahasiswa untuk belajar agar memiliki kemampuan sesuai dengan CPL lulusan yang dibebankan pada mata kuliah, bukan pada kepentingan kegiatan dosen mengajar.

dilnjut Narasumber kedua: Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani M.Hum
Spesialis Buku Ajar Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta
Dengan materi tentang tehnik penyusunan Buku Bahan Ajar:

Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/dosen/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan (tertulis/tidak tertulis) yang digunakan untuk membantu guru/dosen/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta suasana yang memungkinkan siswa/mhs untuk belajar.

Strategi penyusunan Buku Bahan Ajar:
Niat sungguh-sungguh membuat buku untuk memperoleh hibah/rencana setahun ke depan
Disiplin diri, meluangkan waktu untuk rutin menulis 2-3 jam sehari
Kuasai ejaan dan struktur kalimat bahasa Indonesia
Daftar pustaka 10 tahun terakhir
Selalu cek web Dikti terutama bulan April-Agustus
Penuhi semua persyaratan Administrasi yang diminta Dikti
Jangan sampai terlambat kirim berkas
Buku/jurnal sebagai rekam jejak nama kita di Dikti

TINGGALKAN KOMENTAR

SINTAKU

SINTAKU

SINTAKU

LINTAPDIMAS

LINTABDIMAS

LINTABDIMAS

Video Terbaru