SEKILAS INFO
: - Rabu, 30-11-2022
  • 5 bulan yang lalu / Fakultas Dakwah Unggul Dan Berjiwa Pesantren
  • 6 bulan yang lalu / Pada tanggal 17-19 Mei 2022. FAKULTAS DAKWAH Melaksanakan REVIEW KURIKULUM KKNI DAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA TAHUN 2022
PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (PPM) Kunjungan Industri  Badan Usaha Desa Gendaran Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Tahun 2021

PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (PPM) DOSEN

Pendampingan Dosen Dalam Kunjungan Industri
Badan Usaha Desa Gendaran Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Tahun 2021

Oleh :
Syahrudin, S.Sos.I, M.Pd. I
Fatakhul Huda, M.Pd. I
Arlinta Prasetian Dewi, M.E.Sy
Siti Khusnul Faizah, M.Pd
Rifqy Tazkiyyaturrohmah, S.H.I., M.H

Berawal dari ide kreatif dosen mata kuliah kewirausahaan Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin (IAIRM) Bapak Syahrudin, S.Sos.I., M.Pd.I, yang dirancang sejak awal pelaksanaan pembelajaran perkuliahan mata kuliah kewirausahaan untuk melaksanakan kunjungan kewirausahaan, yang pada akhirnya dapat terlaksana. Pada dasarnya, semua mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan lebih dan wawasan dimasa perkembangan era globalisasi yang pesat saat ini yang ditambah lagi dengan adanya wabah virus covid 19. Menambah pengetahuan dan wawasan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara melakukan kunjungan kewirausahaan.
Kunjungan kewirausahaan diadakan agar mahasiswa mengenal dunia kerja. Selain itu, mahasiswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata kerja, mesin-mesin yang memadai, mahasiswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan kewirausahaan sebagai rekreasi, tapi mengangnggap sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi tempat usaha secara langsung dan melihat urutan proses usaha tersebut.

Kunjungan industri merupakan kegiatan rutin bagi mahasiswa sebagai tuntutan kurikulum untuk membekali mahasiswa/i dengan berbagai pengetahuan mengenai dunia bisnis dan kewirausahaan sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi lulusan yang professional. Untuk menjadi lulusan yang professional tentu dibutuhkan banyak keterampilan terutama yang berkaitan dengan dunia bisnis dan kewirausahaan. Sebagai mahasiswa, khususnya dalam bidang Kewirausahaan, mahasiswa/i sudah sangat banyak mendapat materi kuliah yang berkenaan dengan kewirausahaan. Sudah selayaknya bagi mahasiswa kewirausahaan tidak hanya memahami teori yang ada, namun juga ikut andil dalam meninjau lapangan yang sebenarnya. Oleh karena itu Institut Agama Islam Riyadhotul Mujahidin Ngabar mengadakan kegiatan kunjungan industri. Diharapkan mahasiswa/i mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya dengan melakukan pengamatan atau percobaan.

Kunjungan industri hanya sebatas melakukan observasi pada suatu industri saja. Melakukan pengamatan dan tanya jawab kepada narasumber secara langsung. Kesempatan kali ini, pihak Fakultas Syariah dan Dakwah mengadakan kegiatan kunjungan industri di daerah Gendaran Donorejo Pacitan. . Selain itu dengan diadakannya kegiatan kunjungan industri ini, diharapkan mahasiswa/i mengetahui lebih jauh bagaimana sebenarnya dunia usaha atau dunia industri itu dijalankan. Selain itu kegiatan kunjungan industri juga sebagai simulasi dunia bisnis dan manajemen yang nyata agar nantinya mahasiswa terbiasa ketika benar benar terjun di dunia bisnis dan manajemen. Disisi lain, pihak dosen juga menginginkan adanya dampak jangka panjang dari diselenggarakannya kegiatan kunjungan industri inisalah satunya dalam rangka penyaluran para lulusan yang professional dan memiliki kemampuan yang produktif dan siap bersaing di dunia bisnis dan wirausaha.

TINGGALKAN KOMENTAR

SINTAKU

SINTAKU

SINTAKU

LINTAPDIMAS

LINTABDIMAS

LINTABDIMAS

Video Terbaru