SEKILAS INFO
: - Sabtu, 22-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / PEMBUKAAN PKL SEMESTER 7 DI KUA SIMAN PADA TANGGAL 17 OKTOBER 2022
  • 1 tahun yang lalu / KUNJUNGAN KONSELING ANAK FAKULTAS DAKWAH IAIRM NGABAR KE PANTI ASUHAN AL-HAYAT PANEKAN MAGETAN
Praktik Konseling Dan Psikoterapi Islam (PKPI)

Praktik Konseling Dan Psikoterapi Islam (PKPI) Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI). Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan ketrampilan dan pemahaman mengenai berbagai Aspek Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), dalam rangka pembentukan Profil Lulusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam yang profesional.
Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) mempunyai tugas menyiapkan dan menghasilkan Sarjana Bimbingan Penyuluhan Islam yang memiliki nilai dan sikap serta pengetahuan dan ketrampilan yang profesional. Dengan kemampuan tersebut diharapkan alumni Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai Konselor dalam rangka membantu tercapainya tujuan Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI). Oleh karena itu dalam rangka menyiapkan lulusan Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) yang profesional tersebut, Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) membawa mahasiswa kepada proses Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) yang dilakukan baik melalui bangku kuliah maupun melalui berbagai latihan, yang antara lain berupa praktek pengalaman lapangan. Untuk melaksanakan hal tersebut mahasiswa diterjunkan ke Lapangan dalam jangka waktu tertentu untuk mengamati, mengenal dan mempraktekan semua kompetensi yang layak atau wajib dilakukan oleh seorang Konselor pembimbing yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga profesional dalam bidang bimbingan dan penyuluhan islam.
Adapun salah satu tujuan Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Ngabar Ponorogo.adalah, Menghasilkan sarjana yang berkepribadian Islam berjiwa pesantren, Menghasilkan sarjana yang menguasai ilmu pengetahuan tentang bimbingan dan Penyuluhan Islam dan menghasilkan sarjana yang mampu menerapkan dan mengembangkan bimbingan dan Penyuluhan Islam.
Konselor profesional pada saat ini mencakup bidang-bidang layanan konseling yang luas, yaitu layanan konseling dalam bidang pendidikan, konseling rehabilitasi, konseling perkawinan dan keluarga, konseling traumatik, konseling kesehatan mental, dan penyuluh agama. Untuk merespon dan memenuhi kebutuhan ini, kurikulum Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam dirancang agar alumni Program Studi BPI memiliki kompetensi utama berupa penguasaan terhadap teori, teknik, manajemen, dan etika bimbingan dan konseling dalam berbagai bidang pelayanan tersebut baik dalam perspektif modern maupun Islami.
Penguasaan teoritis tidak sempurna tanpa didukung kompetensi praktis. Karena itu, Prodi BPI merancang Praktikum Profesi Lapangan. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diarahkan untuk mengobservasi lembaga yang memberikan layanan konseling, serta mengalami pengalaman praktis menjadi konselor dengan cara “magang” kepada para konselor profesional di lembaga-lembaga itu yang sekaligus diharapkan dapat menyerap alumni Jurusan.
Kegiatan Praktikum Profesi Lapangan Praktik Konseling Dan Psikoterapi Islam (PKPI) termasuk di dalam kurikulum Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam, sebanding dengan MK dengan bobot 3 SKS, dan diberikan kepada para mahasiswa yang telah menempuh studi selama 6 semester.

SINTAKU

SINTAKU

SINTAKU

LINTAPDIMAS

LINTABDIMAS

LINTABDIMAS

Video Terbaru